Mengenal Tentang Indeks Saham LQ45

indeks saham lq45

Indeks saham LQ45 adalah salah satu indeks pasar saham di Bursa Efek Indonesia yang pertama kali diluncurkan pada bulan Febuari 1997 lalu.

Alasan dinamakan LQ45 karena mempunyai arti LiQuidity 45. Sehinnga indeks saham LQ45 merupakan indeks saham yang memuat 45 saham emiten yang mempunyai likuiditas yang tertinggi pada periode tertentu.

Maksud dari likuiditas yang tinggi artinya saham harus mudah untuk diperjual belikan. Dimana, semakin besar jumlah saham yang beredar akan menyebabkan saham semakin likuid. Jadi bisa dikatakan likuiditas berbanding lurus dengan jumlah saham yang beredar.

Karena indeks LQ45 memuat 45 saham emiten yang paling likuid, hal ini menyebabkan indeks LQ45 sudah dapat mengcover 70% dari kapitalisasi dan nilai transaksi yang ada di pasar saham Indonesia.

Hal ini sangatlah wajar mengingat likuiditas berbanding lurus dengan jumlah saham yang beredar.

Semua saham yang masuk dalam perhitungan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) berhak untuk masuk indeks LQ45. Hanya saja, ada kriteria yang harus dipenuhi untuk masuk ke dalam indeks LQ45 yang akan dibahas di bawah.

Oleh karena itu, daftar emiten yang dimuat pada indeks LQ45 ini tentulah tidak tetap dan selalu diperbaharui setiap 6 bulan sekali pada awal Febuari dan Agustus.

Jika ada saham emiten yang sebelumnya masuk dalam indeks LQ45 ini tiba-tiba tidak memenuhi kriteria yang ada, maka saham emiten tersebut akan diganti di silkus selanjutnya.

Kriteria Indeks Saham LQ45

Sejak awal indeks LQ45 diluncurkan pada Febuari 1997 lalu, sebenarnya kriteria utama yang digunakan untuk mengukur likuiditas hanyalah nilai transaksi.

Namun, seiring perkembangan pasar saham, pada Januari 2005 ditambahkan 2 kriteria tambahan untuk mengukur likuiditas yaitu jumlah hari perdagangan dan frekuensi transaksi.

Sehingga, kriteria yang diperlukan emiten untuk masuk dalam indeks saham LQ45 hingga saat ini meliputi :
  • Masuk ke dalam 60 perusahaan dengan nilai kapitalisasi terbesar dalam 12 bulan terakhir.
  • Masuk ke dalam 60 perusahaan dengan nilai transaksi dan perdagangan terbesar dalam 12 bulan terakhir.
  • Sudah listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) minimal 3 bulan.
  • Masuk dalam perhitungan IHSG.
  • Memiliki keadaan keuangan yang baik
  • Prospek pertumbuhan yang bagus
  • Memiliki Frekuensi perdagangan yang tinggi.

Bedasarkan kriteria di atas, sangat memungkinkan lebih dari 45 emiten yang lulus kriteria tersebut. Sedangkan indeks LQ45 hanya memuat 45 saham emiten pilihan.

Oleh karena, diperlukan metode seleksi untuk memilih saham emiten yang berhak masuk ke dalam indeks LQ45.

Metode Seleksi Saham LQ45

Dalam metode seleksi saham LQ45, dipilih 45 dari 60 saham emiten bedasarkan kriteria yang ada.

Tahapan dalam metode seleksi ini terdiri atas 4 tahap meliputi :

Tahap Pertama
Dipilih 30 saham emiten bedasarkan nilai transaksi terbesar dan saham tersebut langsung masuk perhitungan indeks LQ45.

Tahap Kedua
Dari 30 sisa dari saham emiten yang belum terpilih, diseleksi 25 saham bedasarkan hari transaksi di pasar reguler.

Tahap Ketiga
Setelah itu, dari 25 sisa saham emiten akan dipilih 20 saham bedasarkan frekuensi transaksi di pasar reguler.

Tahap Keempat
Dari 20 saham akan dipilih lagi 15 saham bedasarkan kapitalisasi pasar sehingga akan didapat 45 saham untuk indeks LQ45.

Catatan :
Selain kriteria yang ada pada tahap-tahap diatas, keuangan perusahaan dan prospek pertumbuhan perusahaan juga dipertimbangkan dalam metode seleksi indeks LQ45.


Panitia Penasehat

Dalam indeks saham LQ45 ada juga sebutan panitia penasehat (Advising Committe).

Bursa Efek Indonesia (BEI) dapat meminta nasehat dari panitia penasehatnya perihal untuk menjamin keadilan dalam pemilihan saham yang masuk dalam indeks LQ45.

Dimana, panitia penasehat ini terdiri atas :
  • Anggota BAPEPAM-LK (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan)
  • Lembaga pendidikan (Universitas)
  • Konsultan pasar modal profesional


Cara Menghitung Indeks Saham LQ45

Untuk menghitung indeks saham LQ45 pada suatu dapat dilakukan dengan membagi nilai pasar agregat periode tersebut dengan periode basis (awal).

Untuk lebih jelasnya tentang cara perhitungan indeks LQ45 dapat dibaca pada arikel berikutnya tentang : Cara Menghitung Indeks LQ45


Tujuan Indeks LQ45

Tujuan dari dibuat indeks LQ45 adalah sebagai bagian pelengkap dari komponen IHSG untuk memberikan informasi yang terpercaya bagi para investor, manajemen investasi, dan pelaku pasar saham lainya tentang pergerakan dari saham-saham pilihan yang paling aktif diperdagangkan di bursa.

(Referensi : BEI)

Comments